My Breastfeeding Journey : NEVER QUIT!

Postingan ini akan agak sedikit emosional. Karena postingan ini akan banyak berbicara mengenai penyesalan saya yang terlalu mudah menyerah.

My breastfeeding journey

Yang bilang nyusuin gampang itu siapa? Untuk new mom yang masih super cupu model gue sih menyusui itu adalah seberat beratnya cobaan, apalagi menyusui selama baby blues. Ya Masya Alloh, itu aer mata kalau di tadahin ada kali setempayan (lebay).

Ceritanya caesar ini down periodnya di gue cukup lama. 2 hari gue baru bisa bangun, itupun akibat jiwa kompetitif yang amat tinggi, orang sebelah udah jalan ke kamar mandi masa gue duduk aja masih cengeng. Selama dua hari itu gue dimanjakan oleh kenikmatan tempat tidur dan mindset bahwa “tenang aja kalo air susu belum keluar, bayi masih tahan 3 hari gak nyusu kok”. Iya gue tenang aja tuh. Eh begitu masuk hari ketiga… jeng jeng jeng “kok melody agak kuning yah?”. Mulailah drama itu dimulai.

Beda dengan hari2 sebelumnya yg melody nangis cukup sering, di hari ketiga itu melody tidur terus. Tambah kacau deh, mulailah gue panik dan mengambil keputusan “dita tolong beliin sufor di apotek depan”.

Dari sepenggal cerita itu, kesalahan pertama gue adalah :

Gue terlalu manja dengan cesar gue.
Bu ibu yang nanti akhirnya lahiran dengan metode caesar camkan baik baik ya. Pasca operasi emang sakit, tapi bukan berarti harus manja! Harus bangkit cepet. Menyusui dengan sering!! Gue baru mulai pelekatan itu di hari keempat, dan di hari kelima malam gue langsung demam dan payudara keras karena ASI gue udah banyak.

Begitu pulang ke rumah, gue dibuat nyaman dengan keberadaan sufor. Asal melody nangis gak mau nyusu gue langsung menyerah dan bilang “bikinin susu dong mas”. Kadang tekad gue sudah bulat, tapi tekad orang di rumah belum bulat. Setiap kali melody nangis selalu sufor jawabannya. Awalnya asi gue kalo dipompa bisa sampe 70 ml (masih pakai pompa manual ya) , sebulan kemudian asi dipompa dengan pompa elektrik cuma 5 ml atau 10 ml. Hampir aja gue buang itu pompa kado dari temen gue.

Bulan kedua melody sufornya kenceng banget sampai sering gumoh dan pertambahan berat badannya over jadi 1.5 kg per bulan. What does it mean? It means she was overfeeding!! Begitu masuk bulan ketiga dimana Melody sudah bisa menakar kecukupan menyusuinya ternyata cukup melody menyusu asi saja.

Begitu gue kerja, mulai sharing dengan emak emak di kantor, mengenal suplemen menyusui dan teknik memompa yang benar, barulah setiap sabtu minggu melody menyusu asi saja. Kadang gue merasa khawatir kalau asi gue kurang, gue bikin susu, dan melody menolak karena sudah kenyang.

Jadi untuk ibu baru, tips and trik breastfeeding dari gue adalah :

1. Usahakan pelekatan sejak dini. Kalau bayi tidur, bangunkan. Belajar menyusui sesering mungkin. Kalau bayi nangis gapapa tetap kasih payudara, lama lama dia akan terbiasa dengan payudara kita. Untuk yg masih kagok megang bayinya, bisa coba bantal menyusui. Gue terbantu banget dengan bantal itu.

2. Jangan terlalu merasa nyaman dengan sufor.

3. Ketika bayi belum bisa menyusu, pompa terus payudaranya. Hasil pompa kasih ke bayi. Karena dengan dipompa itu bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan produksi asi

4. Untuk ibu bekerja, beli pompa yg bagus sekalian. Jangan ragu untuk spending besar di pompa. Bisa beli medela yg harga 2.6 jt atau spectra harga 1.6 jt

5. Metode pompa yg benar dengan pompa elektrik
Pilih mode pijat utk 2 menit awal. Lanjut pompa sampai habis (kurleb 5-7 menit). Lanjut mode pijat lagi sampai LDR keluar. Setelah LDR keluar baru deh pompa lagi sampai habis.

6. Konsumsi makanan atau suplemen peningkat ASI. Jangan ragu coba semua, karena pelancar asi itu cocok cocokan. Di gue daun ubi itu cepet banget meningkatkan produksi asi. Dan gue cocok banget sama feugreek dan blessed thistle.

7. Ketika sudah bekerja, tetap usahakan pompa asi minimal 2 kali dalam sehari untuk maintain produksi asi.

Sekian tips n triknya. Intinya jangan cepat menyerah deh untuk menyusui! Good luck!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s