Normal atau Caesar?

Seiring dengan menggendutnya perut saya ini, orang orang sekitar jadi pada kompak semua, kompak nanyain

Mau lahiran normal apa caeasar?

Lah saya yang ditanya bingung, kok lahiran pakek maunya saya ya? Kalau mau nya sih langsung aja keluar kayak sulap gitu haha

Kalau udah diawali dengan pertanyaan begitu mulai deh perseteruan dari kedua kubu dimulai.

“Lahiran normal aja, enak loh! Lagian ngapain caesar buang buang duit. Udah gitu selesainya sakit lagi.”

atau ada versi yang lebih sadis lagi

“Manja banget yang lahiran caesar”

Sumpah itu pernyataan lucu banget si. Ada juga pernyataan yang lebih lucu

“Caesar aja biar perawan terus”

Saya sih cuma mesem mesem aja denger perseteruan dua kubu ini. Lah saya yang mau lahiran mereka yang berantem.

Ibu ibu sebangsa dan setanah air, camkan ini baik baik ya bu.
Yang namanya melahirkan normal atau caesar itu bukanlah pilihan. Sejatinya setiap perempuan itu hendaklah melahirkan secara normal. Melahirkan caesar hanya dilakukan bila memang si ibu dan bayi ada kasus khusus yang mengancam keselamatan mereka berdua jika proses melahirkan secara normal.

Contoh kasus :
Tekanan darah tinggi. Kalau si ibu dipaksa melahirkan normal bisa2 kejang saat proses melahirkan.

Ketuban pecah dini, bila tidak segera dicaesar bisa mengakibatkan anak menjadi cacat

Anak sungsang atau terlalu banyak lilitan tali pusar –> menjadi penyulit saat proses pengeluaran bayi

Dan banyak kasus kasus lainnya.

Jadi ibu ibu yang caesar itu bukan lah ibu2 yang manja, yang tidak tahan sakit melahirkan. Nah ibu2 yang caesar juga hendaknya bukan untuk tetap perawan ya buuu

Bila memang kondisi ibu dan bayi memungkinkan untuk melahirkan normal, hendaklah ibu melahirkan secara normal. Bila ada indikasi penyulit saat melahirkan, jangan ragu untuk berkata ya pada caesar.

so clear kan sekarang? Melahirkan normal atau caesar jelas bukanlah pilihan! Kondisi ibu dan bayi yang menentukan.

Jadi jawaban atas pertanyaan yang dihujani kepada saya adalah :
sampai saat ini belum ada indikasi untuk melahirkan caesar 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s