Ayam Cabe Kemangi

Pertama kali tau jenis masakan ini adalah saat beli online. Gile ini ayamnya enak banget! Pedes & gurih. Ditambah sensasi kemangi & petainya bikin tambah nikmat *nelen ludah*

Pas beli ayam, si ibu mertua lumayan suka, tapi pas aku sebut harganya jeng jeng jeng “Gila mahal banget!! Mendingan masak aja! Seekor ayam gak sampe juga 50 ribu”

Hahaha emang sih harganya lumayan bok, tapi kan endang bambang.

Hingga kemarin gue ngidamnya udah di ubun2 banget, mau beli tapi takut diomelin. Jadilah gue browsing-browsing resep. Berbekal dengan berbagai macam resep ayam rica-rica, ayam bumbu rw & ayam ayam lainnya, gue mencoba menyusun resep gue sendiri (sambil dibantuin sama bu nini sih haha).

Resepnya gampang, bikinnya juga gampang!!

Nah makanya dengan baik hati gue sharing resep ini yaaa

Bahan :

1 ekor ayam

3 ikat kecil daun kemangi

daun bawang sesuai selera

garam

5 buah tomat hijau kecil, potong dadu

10 biji cabe hijau, diiris kecil-kecil

1/2  sdm ketumbar bubuk

1 sdm lada bubuk

penyedap

garam secukupnya

Bumbu Ungkep

3 ruas jahe (+/- 5 cm)

2 ruas lengkuas

4 siung bawang putih (besar)

1/2 sdm garam

1 batang sereh di geprek

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

Bumbu Cabe

100 gram cabai rawit (kalau gue dicampur rawit & merah)

6 siung bawang merah yang besar

5 siung bawang putih yang kecil

1/2 sdm garam

1 batang sereh di geprek

2 lembar daun salam

Cara Membuat

1. Cuci ayam hingga bersih.

Tips dari Ibu Mertua, setelah bilasan pertama kasih 2 jeruk nipis & 1 sdm garam sambil diaduk2 sampai rata. Lalu ayam dicuci kembali.

2. Haluskan bumbu ungkep. Masukan ke dalam wajan, lalu tambahkan air secukupnya. Masukan ayam. Ungkep hingga air habis, ayam menjadi lunak serta minyak ayam keluar.

3. Goreng ayam yang sudah diungkep setengah matang

4. Haluskan bumbu cabai. Lalu tumis hingga harum. Masukan minyak ayam dari hasil ungkep untuk menambahkan rasa. Tumis bumbu bersama dengan cabai hijau & tomat hingga bumbu matang.

5. Masukan ayam, aduk-aduk terus sampai bumbu meresap & merata. Tambahkan penyedap rasa & garam secukupnya.

6. Terakhir, masukan daun kemangi & daun bawang, aduk sebentar sampai kemangi layu.

7. Angkat ayam, sajikan dengan nasi hangat & kerupuk

Gampang kan bikinnya?

Sebenernya sama aja kaya ayam balado, cuma ini pakai cabe ijo & kemangi aja jadinya lebih sedap.

Oke, selamat memasak!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s