What Katniss Everdeen Taught Me on Mockingjay

Walaupun agak kecewa dengan film Mockingjay karena masih jauh dari bukunya, gue merasa belajar cukup banyak disitu. Gue merasa bahwa apa yg terjadi di Mockingjay itu seperti apa yg terjadi di Indonesia.

Ada 2 kekuatan, yang sebenernya kita gak tau yg salah yg mana.

Di satu sisi Capitol mungkin salah karena telah membuat rakyat2 di Panem menderita, memaksa mereka bekerja & memberikan bagian yang sangat sedikit untuk mereka. Tapi dengan adanya kontrol dari Capitol, Panem itu tentram. Gejolak2 di masyarakat bisa diatasi, tidak ada perang saudara. Sementara orang2 dari District 13 yang di film itu dikesankan adalah orang2 tertindas dan mengerahkan perlawanan untuk menuntut keadilan bagi district mereka, di mata gue belum tentu mereka itu sepenuhnya benar.

Kedamaian adalah harga yang sangat mahal. Kedamaian hanya bisa dibayar oleh nyawa. Iya nyawa.

Inget jaman Pak Harto yang katanya dimana setiap kali ada orang melakukan perlawanan pasti besoknya orang itu ilang. Tapi di jaman itu, walaupun katanya kita gak bebas, setidaknya ada keadilan disitu. Jurang antara kaya dan miskin ga sebesar sekarang. Mungkin sekarang ekonomi kita tumbuh pesat, tapi apa yang kita punya semu. Ibarat gaji, tanggal 25 gajian, tanggal 26 habis.

Back to Mockingjay.

Mungkin apa yg dituntut oleh District 13 itu benar, tapi bayangkan, ketika District 13 akhirnya bisa memenangkan perang, apakah keadaan pasti akan berubah? Atau District 13 hanya akan menjadi another Capitol District?? Bayangkan berapa harga yang harus dibayar District lainnya demi memperoleh pemimpin baru mereka yang sebetulnya belum tentu berbeda dari sebelumnya.

Sometimes, fight is not an option. In order to keep peace, you must make peace first. Let things that should happen, happened. Leave our future children more beautiful & less hatred world. I’d rather be fool to be wise than be an injured-bright.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s